Beranda > Tutorial > Membongkar DVD Portable Rusak

Membongkar DVD Portable Rusak

Jumpa kembali bersama saya Duwi.

Kali ini saya membongkar sebuah DVD portable yang kondisi nya sudah sangat parah. Teman saya berkata, DVD portable ini punya tamu hotel yang marah marah dengan pacarnya dan membanting sembari menginjak injaknya sampai lcd nya pecah dan semua rontok didalamnya.

dengan kondisi seperti itu saya mencoba untuk memanfaatkan segala kondisi yang ada untuk dapat digunakan semaksimal mungkin apapun itu.

Hal pertama adalah dioda laser yang terdapat pada rangkaian optic DVD tersebut.

Dioda laser ini kita bisa manfaatkan sebagai laser pointer murah dan powerfull dibanding kita membelinya yang sudah jadi dengan harga yang lumayan mahal. Dioda laser ini umumnya berwarna merah pada DVD, dan berwarna biru pada BLUERAY Player.

Membuat laser pointer murah dari optic DVD Player, hanya perlu memberinya tegangan 3 volt saja tanpa ada tambahan rangkaian apapun seperti yang terekam pada video saya di bawah ini.

Selain laser dioda, mesin dari dvd portable tersebut juga masih ada kemungkinan dapat dipakai walaupun LCD dalam kondisi hancur lebur seperti pada video saya yang menampilkan bahwa saya berhasil menghidupkan DVD player tersebut tanpa body aslinya dan hanya menggunakan power supply biasa. Sehingga saya bisa memutar film dari flash disk.

Sedangkan untuk TV nya saya tidak berhasil merecover dikarenakan rangkaian TV portable tersebut memerlukan logic yang terhubung pada LCD panel, sedangkan LCD panel tersebut sudah hancur yang mengakibatkan backlight selalu sort saat dinyalakan dan menharuskan saya memisahkan rangkaian tersebut demi menghidupkan fungsi yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya pengalaman saya bisa di saksikan pada video dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

