Beranda > Elektronika > Membuat Sendiri Arduino Serial DB-9

Membuat Sendiri Arduino Serial DB-9

Arduino Serial Buatanku

Arduino Serial Buatanku

Apa itu Arduino?

Arduino adalah suatu papan elektronik open source yang didalamnya sudah berisi mikrokontroller sebagai komponen utama dari papas elektronik ini. Arduino sendiri memiliki banyak fungsi dan kegunaan, tergantung dari program yang kita tuliskan pada mikrokontroller.

Arduino dapat kita program dengan menggunakan bahasa pemrograman C yang mudah untuk dipelajari. Memprogram nya pun tidak perlu menggunakan downloader tambahan sebagai perantara.

Di dalam mikrokontroller arduino telah tertanam bootloader yang memungkinkan arduino dapat diprogram secara langsung dari komputer dengan meng-upload program berupa bahasa C yang juga telah termasuk library library yang ada.

Saat teman saya membawa sebuah arduino kerumah saya, itu adalah kali pertama saya melihat secara langsung wujud dari arduino tersebut. Saya bersama teman saya mencoba sebuah project yaitu thermometer digital dengan tampilan LCD 16×2. Dalam waktu 15 menit kami sudah mendapatkan hasil nya, sangat memuaskan dengan bahasa program yang sedikit dan sederhana kita mampu membuat sebuah alat yang berguna.

Ingin sekali saya memiliki sebuah arduino, namun harga arduino lumayan mahal dan tidak sembarang tempat menjualnya. Di daerah saya (denpasar), saya rasa masih sangat sangat jarang yang mengetahui dan menggunakan arduino. Membelinya pun teman saya harus memesan lewat internet.

Tidak putus asa, sayapun berusaha membuat sebuah arduino sendiri. Namun kali ini arduino yang saya buat tidak menggunakan USB, melainkan memanfaatkan port serial yaitu konektor DB-9 sebagai koneksi arduino terhadap komputer. Info ini saya peroleh langsung dari sumber arduino yaitu di http://arduino.co.cc .

Layout yang saya buat di Diptrace sangat sederhana, LED penunjuk RX dan TX saya hilangkan untuk memperkecil ukuran board yang saya buat.

Arduino yang saya buat terdiri dari bermacam macam tipe mikrokontroller. Ada yang dari ATMEGA328, ATMEGA168, dan juga ATMEGA8. Untuk kamu yang di daerah aga terpencil, tentunya susah untuk mendapatkan ATMEGA328. Kamu bisa menggunakan ATMEGA8 yang lebih sering dan lebih mudah didapat di pasaran, namun dengan memory yang tentunya lebih sedikit. Jadi program yang kamu bisa upload ke arduino kamu nanti tidak bisa sebesar ATMEGA328. Ya, kalo sekedar membuat project “kunci pintu RFID” untuk ATMEGA8 masih sanggup lah menyimpan beberapa buah tag RFID.

Membootloader sebuah mikrokontroller untuk sebuah arduino baru kamu tidaklah sulit. Namun kamu harus mempunyai sebuah arduino asli untuk menciptakan arduino lainnya. Dan pada file arduino di komputer kamu sudah memiliki file dari bootloader ATMEGA8, ATMEGA328, ataupun ATMEGA168.

Tunggu Project saya selanjutnya ya.

  1. 29 Januari 2011 pukul 8:41 pm

    Sangat kreatif mas! Desainnya kecil dan sederhana, bermanfaat buat yang pengen belajar Arduino. Kalau bisa di publish juga desain PCB dalam format PDF dengan skala 1:1, sehingga pembaca juga bisa membuat PCB seperti itu.

    • 30 Januari 2011 pukul 5:38 pm

      wah terima kasih .. saya sering belanja di indorobotika tapi dengan account teman . hehehehe ok saya akan posting dengan pada artikel berikutnya..

  2. Yogi
    21 Maret 2011 pukul 12:59 am

    Wah, manarik sekali projectnya.. good!🙂
    Saya sangat tertarik untuk mempelajari mikrokontroler terutama arduino.. Apakah Bli Duwi pny tutorial untuk belajar Arduino? Sebelum Saya memutuskan untuk membeli si Arduino.. hehe..
    Saya rasa Saya berangkat dari Arduino saja dlm belajar mikrokontrolernya, krn Saya lihat di situs2 katanya belajar Arduino itu sangat mudah.. mohon berbagi ilmunya..🙂
    Thanks..

    • 22 Maret 2011 pukul 11:30 am

      Memang benar.. Ada banyak situs yang menawarkan pembelajaran awal tentang arduino. Tapi saya sarankan untup pemula ada baiknya kita main dulu ke http://arduino.co.cc

  3. 5 April 2011 pukul 4:00 pm

    mohon informasinya dimana saya bisa membeli atmega 48/88/168/328 ?
    terima kasih

    • 8 April 2011 pukul 9:06 am

      di klinik robot bisa.

  4. ardath
    11 Mei 2011 pukul 8:07 am

    mas bisa tolong ajari saya langkah-langkah untuk membootloader ATMega8 nya soalnya setelah saya masukan file Hex nya dari yang diberikan oleh Arduino.cc kedalam IC ATMega8 masih belum bisa meng upload nampaknya masih harus menyeting FUSES nya atau yang lainnya nah dibagian ini saya yang kurang jelas mohon pencerahaannya

  5. Sam ß
    21 Mei 2011 pukul 12:10 pm

    !!! HATI-HATI BELANJA DI INDOROBOTIKA !!!
    kalau mau beli Arduino di Indonesia
    Saya pesan di Indorobotika.com dengan nomor 1335 (18 Feb 2011) sampai sekarang pesanan saya (Arduino Mega 380rb+ Arduino Uno 345rb = 725rb)
    Tidak tahu kapan akan dikirim atau uang akan dikembalikan ???

    • 21 Mei 2011 pukul 9:47 pm

      bener tuh… temen saya ketipu 500 ribu

    • 21 Mei 2011 pukul 10:23 pm

      Pesanan Bapak Dr. Samuel Beta sudah dikirimkan pada tanggal 25 Februari 2011 melalui TIKI dengan nomor resi: 02-010-691-2872. Dengan tujuan: Dr.Samuel BETA, Polines, Jl. Banjarsari ****, RT 02/01, Tembalang, SEMARANG – 50275, Jawa Tengah. Penerimaan paket oleh staff TIKI Bandung bernama: Aditya Fitra. Kalau belum diterima, silahkan dicek ke TIKI Semarang. Mungkin ada alamat yang kurang lengkap atau tidak ada orang di rumah sehingga kiriman dipending di TIKI Semarang. Terima kasih

      • 21 Mei 2011 pukul 10:26 pm

        mas piepin teman saya No : 1487 belum ada kabar sampai 1 bulan berapa no resi nya??

      • 21 Mei 2011 pukul 10:26 pm

        brapa no telpon indorobotika pak piepin?? barang sudah urgent banget pesanan no 1487

  6. 21 Mei 2011 pukul 10:32 pm

    Duwi :
    mas piepin teman saya No : 1487 belum ada kabar sampai 1 bulan berapa no resi nya??

    Pesanan ini masih pending karena stok Atmega8 (untuk Severino) tidak ada, kalau mau, bisa diganti dengan Arduino Duemilanove kompatibel. Kalau setuju silahkan konfirmasi ke email saya untuk dibicarakan lebih lanjut. Terima kasih atas pengertian nya.

    • 21 Mei 2011 pukul 10:34 pm

      ok saya email.

  7. Minarto
    22 Mei 2011 pukul 5:56 pm

    Pak Piepin, saya cemas mencari jejak anda di Indorobotika.com atau FB. Saya di Purwakarta dan sangat membutuhkan orederan saya ID 1630. Mohon konfirmasinya untuk laporan saya.

  8. m.zain
    1 Juli 2011 pukul 4:18 pm

    Saya juga sampai sekarang statusnya masih menunggu pembayaran, padahal sudah dibayar 24 mei 2011 yang lalu dengan ID Pesanan 1663.

  1. 20 Desember 2010 pukul 1:18 am

Tinggalkan Balasan

