Beranda > CeritaKu, Elektronika > Power Supply Variable Rakitan Begundal

Power Supply Variable Rakitan Begundal

Apa itu power supply?

Schematic nya.

Dari pengertian sederhana dapat kita simpulkan bahwa power supply adalah suatu alat yang berfungsi sebagai pencatu atau pemberi tegangan (power) terhadap rangkaian yang akan kita gunakan.

Kali ini saya akan memperkenalkan power supply yang telah saya rakit. Pada umumnya power suplly atau yang sering disebut dengan adaptor ini sering dijual di toko toko listrik dengan rangkaian yang sederhana yaitu hanya blok penyearah dan blok filter tanpa adanya bagian regulator. Hal tersebut sering kali dapat merusak pesawat elektronika yang akan kita gunakan, karena tegangan yang dihasilkan belum benar benar staib apalagi dengan tidak sesuainya daya yang digunakan.

Bagian terpenting dari power supply atau adaptor konvensional adalah sebuah trafo step down, dimana trafo jenis ini berfungsi sebagai penurun tegangan AC (arus bolak balik). Namun dengan mahalnya harga trafo dipasaran membuat beberapa orang enggan untuk merakit power supply yang seseuai dengan perangkat yang digunakan. Kebanyakan orang langsung membeli power supply abal abal yang belum jelas kestabilan tegangan nya.

Pada kasus kali ini saya membuat sebuah power supply dengan tanpa menggunakan trafo konfensional (yang besar banyak kawat dan besi), namun saya gantikan dengan sebuah power supply dari charger laptop yang saya dapatkan dari loakan kreneng dekat rumah saya.

Untuk sebuah trafo biasa 5A mungkin bisa mengeluarkan uang sebesar 70ribu. Tapi charger laptop 5A yang saya beli hanya seharga 20ribu sudah terjamin kestabilan tegangan nya.

Masalah tegangan? Tenang, tegangan yang terlalu besar atau tidak sesuai pada charger laptop yaitu umum nya 19volt dapat kita akali dengan sebuah rangkaian regulator tegangan ditambah pengaturan tegangan sehingga output tegangan dapat kita tentukan dari 0-19 volt.

Lihat hasil jadi power supply begundal saya :

Power supply

Power supply

Tampak Bawah

Tampak Bawah

Tampak Belakang

Tampak Belakang

  1. 15 Agustus 2010 pukul 3:41 pm

    Wah list komponen ama schematicnya ada ngak mas !@!

  2. Handoko
    11 November 2010 pukul 12:56 pm

    Fungsi utama dari Power Supply Variabel ini apa?

    • 11 November 2010 pukul 1:03 pm

      Fungsi utama dari power supply variable yang saya buat ini tidak lain adalah sebagai catu tegangan dari semua peralatan elektronik yang menggunakan arus DC. Jadi untuk para enginer ataupun teknisi, bisa mendapatkan tegangan yang diinginkan sesuai kehendak dengan presisi tegangan output yang sangat baik tergantung dari keinginan kita🙂

  3. Handoko
    11 November 2010 pukul 2:03 pm

    tapi kenapa Jengkol 2N3055nya ada 4buah? sudah ada adaptor laptop masi pake catu daya rakitan sendiri..? trus PCB rakitannya namanya apa dan apakah tersedia di toko elektronik?

    • 11 November 2010 pukul 3:27 pm

      ^_^ Pertanyaan yang saya tunggu.
      Transistor jengkol ada 4 buah agar arus yang dipakai benar benar maksimal karena semakin banyak transistor maka daya hantar yang lewat lebih besar dari 1 buah transistor (beban menjadi lebih ringan dan tidak terlalu panas saat penggunaan daya besar)
      Kenapa saya menggunakan adaptor laptop :
      karena jika saya menggunakan transformator biasa sebesar 5 amphere normal, maka bisa dibayangkan seberapa besar adaptor yang kita buat nantinya dibandingkan dengan adaptor laptop yang daya dan harganya sama🙂. Mungkin saja saya tidak akan bisa memegangnya dengan satu tangan jika menggunakan transformator 5 amphere biasa karena saking beratnya hehehe
      Untuk PCB telah banyak beredar di pasaran dengan harga 3.000 rupiah. namun jika tidak ada, bisa membuat sendiri dengan menggunakan PCB lubang biasa🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

