Beranda > CeritaKu > LCD Laptop Toshiba M305D Flickr (blank)

LCD Laptop Toshiba M305D Flickr (blank)

Laptop Toshiba rusak pada bagian regulator itu sudah biasa.

Sudah sering kali saya menemui masalah dengan LCD laptop toshiba tipe m305d.

Permasalahan yang sering muncul hampir kebanyakan sama, yaitu LCD nampak flickr atau gambar yang dihasilkan seolah olah akan hilang atau blank dan menampilkan garis yang acak.

Memang masalah tersebut menjadi masalah unik yang tidak dapat dihindari untuk pemilik laptop toshiba seperti ini. Masalah ini muncul karena posisi kabel flexyble serabut yang terlalu pendek pada lengan LCD didekat speaker laptop. Sehingga hal tersebut mengakibatkan pergesekan antara kabel flexyble dengan body laptop. Gesekan tersebut menimbulkan luka atau goresan yang membuka pelindung dari semua kabel tersebut, sehingga memungkinkan salah satu kabel yang terhubung antara MB dan LCD menjadi short secara acak sesuai dengan pergerakan lengan LCD.

Jika hal tersebut tidak ditangani, maka tidak dipungkiri LCD laptop kesayangan kamu akan mengalami mati total yang disebabkan oleh short nya jalur flexyble tadi.

Jika kamu berkonsultasi ke service center dari laptop toshiba, tentu kamu akan dihadapi dengan biaya service yang mahal hingga setengah harga laptop tersebut. Seperti halnya untuk masalah LCD dan flexyble kamu bisa dikenai biaya antara 1 juta hingga 4 juta rupiah sesuai dengan tipe laptop kamu.

Untuk menekan biaya tersebut tentu kamu memutar otak untuk mencari tempat service akal akalan agar dapat memperbaiki laptop kamu. Tapi saya sarankan untuk kamu, lebih baik membawa laptop kamu ke tempat service yang terpercaya atau sudah langganan. Karena dari pengalaman yang saya peroleh jika ada kata kata seperti ini “laptopnya bisa diperbaiki tapi mahal, dan kalo ga  bisa dia jadi mati total” nah kata kata itu berarti si tukang service ingin dua kondisi, disatu pihak dia ingin untung yang banyak, di sisi lain dia juga ingin menukar sparepart laptop kamu dengan yang sudah rusak.

Disini saya tidak ingin berpihak atau menjelekkan siapapun, karena ini pengalaman saya.

Kerusakan pada flexyble bisa kamu atasi dengan menggantinya dengan yang baru maupun yang bekas asal dalam kondisi baik. Namun jika tidak dapat penggantinya, kamu bisa mengusahakan untuk mengakali flexyble dengan menggantinya dengan kabel serabut yang lain dengan cara di cangkok namun tetap menggunakan socket aslinya.

Jika kamu sudah yakin bahwa yang rusak adalah LCD, mungkin ada baiknya kamu pertimbangkan untuk mengganti LCD yang rusak tersebut, karena harganya yang mendekati harga laptop baru saat ini.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: