Beranda > Elektronika, Tutorial > Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Keyboard merupakan salah satu perangkat terpenting dari sebuah perangkat komputer. Keyboard merupakan papan ketik yang berfungsi memberikan perintah perinta berupa tuts tuts huruf dan angka yang dituliskan ke komputer.

Keyboard sangat rentan sekali rusak apabila terkena air, debu, maupun jika keyboard tersebut berada di ruangan yang sering dalam kondisi lembab. Hal yang paling sering terjadi pada keyboard laptop adalah salah satu tombol keyboard ada yang tidak berfungsi atau malahan keyboard laptop yang rusak itu bergerak sendiri seperti ada yang menekannya.

Hal tersebut dikarenakan menempelnya kedua lapisan karbon pada flexyble keyboard (akibat jamur atau kotor) sehingga tombol keyboard dapat menekan sendiri atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

Disini saya membuat sebuah video tutorial bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak tersebut hanya dengan menggunakan sebuah cutter.

Cara yang saya gunakan di video ini terlihat sangat mudah, karena hanya merobek pinggigan karbon lalu membersihkannya sekaligus dengan cutter tersebut. Silahkan menyaksikan.

About these ads
  1. 22 April 2011 pukul 2:10 am

    hem… bisa mengisirasi, tp tombol keybord latopku yang g berfngsi 1,t,u,j,p,-
    piye carane ndandani?

    • 22 April 2011 pukul 11:03 pm

      di youtube ada mas . channel neutronuang

  2. 22 April 2011 pukul 11:23 am

    bos? kirim ke emailku saja. blogku lagi rusak

  3. udhe
    12 Mei 2011 pukul 3:12 pm

    ane sempet liat ni video,, satu kata “keren” . . eh besoknya malah kejadian ni di tuts ‘arah kanan’ laptop ane.. bikin stress deh,, hahhaha

    mau tanya nih karet ‘rubber dome’ nya nempel permanen kan? ane cabut tuh sesuai video,,

    oya saran juga sih,, pake contact cleaner lebih oke (cuma agak susah sih), soalnya ane pernah benerin keypad BB Gemini,, hehe (sombong dikit)

    • 12 Mei 2011 pukul 3:19 pm

      Yoi gan,, mantep.. Tapi saya ga puny :( kalo  gemini pasti tombol a ya? Saya pake thinner hehehe

  4. udhe
    12 Mei 2011 pukul 8:42 pm

    ia tombol ‘a’ bener dapet seratus dah si agan.. gan, masi tetep euy, di korek pake cutter pinggirnya trus korek yang tengah. hasilnya masih nihil,, kira2 apanya ya? atw pake contact cleaner aja?

    cuma atu sih cuma mengganggu banget kalo mau pindah cursor..

  5. udhe
    12 Mei 2011 pukul 8:46 pm

    oya sekedar info aja gan,, laptop ane merek d*ll. trus bukan mencet sendiri, gak jalan sama sekali, pertamanya sih jalan, cuma kalo skali pencet malah gerak 2 kali (seolah mencet 2 kali). .ada solusi gak gan??

  6. dhian
    13 Mei 2011 pukul 12:56 am

    makasih banyak mas atas ilmunya. sekarang laptop saya dah berfungsi lagi. sekali lagi makasih banyak mas ya. dian aceh utara.

    • 13 Mei 2011 pukul 6:52 am

      Sama sama nih.. Terimakasih sudah berkunjung

  7. udhe
    13 Mei 2011 pukul 11:57 am

    gan mau laporan,, skarang jadi mencet sendiri, udahnya malah macet lagi,, gimana ya? :help

    • 14 Mei 2011 pukul 2:25 pm

      Mencet sendiri berarti karbon kurang bersih tu. Atau masih ada kotoran antara karbon atas dan bawah

  8. 25 Mei 2011 pukul 6:14 am

    klo laptop temen ane… malah babar blas… smua tombol kagak fungsi… gmana ya? ada solusi? thanks…

    • 25 Mei 2011 pukul 8:10 pm

      wah kalo semua rusak berarti karbon nya udah aus tuh,, bisa juga di konektor pada motherboard kotor

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: