Beranda > Elektronika, Tutorial > Jam Digital Arduino + RTC DS1307 ATMEGA8

Jam Digital Arduino + RTC DS1307 ATMEGA8

Jam Digital Arduino

Jam Digital Arduino

Dengan adanya arduino semua menjadi lebih mudah.

Kali ini saya membuat sebuah jam digital dengan memanfaat kan arduino dan sebuah IC RTC sebagai pencatat waktu. IC RTC ini berfungsi sebgai pencatat waktu pada saat tidak ada sumber tegangan yang menyuplai jam.  Dengan battery backup sebagai catu IC RTC jadi jam tetap meng-counter walaupun mati.

Mulai dari melarutkan hingga memasang komponen sampai jam terbalik saya pasang saya sertakan di video dibawah ini.

Untuk slide show nya kamu bisa lihat di instructables saya yang berisi foto foto saya saat membuat jam digital ini.

  1. dahlan
    1 Maret 2011 pukul 2:31 am | #1

    gan saya terispirasi dngan jam digitalnya,kebetulan saya lagi mo bikin bel otomatis untuk disekolah,udah kebayang sih yang dibutuhkan mungkin “arduino,LCD,rilay/servo,rangkaian untuk suara belnya + ampli”.tapi saya masih bingung dengan programnya,soalnya arduino ini mo saya pake untuk nampilin jam + saklar/timer bel nya saja…..mungkin punya ide……
    skalian saya mo pesen ATMEGA8 nya…… makish.

    • 1 Maret 2011 pukul 2:34 am | #2

      Saya ada gan rangkaian jam lcd arduino + alarm nya gan mantep..

      • dahlan
        1 Maret 2011 pukul 3:17 am | #3

        klo boleh tau berapa harganya?

  2. 1 Maret 2011 pukul 3:22 am | #4

    harga apa nya gan?? ATMEGA8 yang sudah isi program jam digital cuma 75.000 gan

    • dahlan
      1 Maret 2011 pukul 1:16 pm | #5

      saya tertarik untuk mempelajari arduino ini jadi saya pengen peraktek dari awal klo boleh saya pesen ATMEGA8 + listing programnya (menggunakan bahasa apa) + gambar seketsa PCB + daftar komponen pendukung nya untuk pembuatan jam digital dan alarem untuk bel nya

      • 1 Maret 2011 pukul 1:27 pm | #6

        Untuk skematic bisa lihat di link instructable diatas mas.. Saya menyertakan juga pembuat yang menggunakan led sebagai pengganti seven segmen. Untuk program nya juga sudah tersedia dalam bahasa C. Alarm yang dimaksud juga bisa kita kendalikan dari komputer..

  3. subhan
    9 Maret 2011 pukul 12:28 pm | #7

    mas tanya nih…..bagi2 ilmu y mas…q masih awam nih tentang microcontroller….
    microcontroller tu pa y mas?????

    • 9 Maret 2011 pukul 12:38 pm | #8

      Microcontroller itu adalah sebuah ic yang dapat kita tanamkan sebuah program untuk dapat mengendalikan alat sesuai kehendak kita mas. Dalam hal ini saya menggunakan bahasa C didalam project jam ini

  4. 5 April 2011 pukul 2:57 am | #9

    guys tlng bntu q dunk…klo mw bikin jam digital kyk gt tapi ada hitungn counter hari nya gmn ..
    trus dtmbh lgi tiap 3 hri sekali alarm berbunti ….
    bgmn guys … ada asemblinya gk??
    saya mnggunak ic atmega 8 ,seven segmen katoda ic 74138, thank..blz ya..

    • 8 April 2011 pukul 9:07 am | #10

      itu harus experiment dulu bos.. jadi aga lama tuh :D

  5. subhan
    21 April 2011 pukul 6:33 am | #11

    jad micro tu bisa disi program sesuka kita y mas…. q dah sempet baca2 tentang micro mas… sebenernya bahasa yang lbh baek tuk dipelajari untuk orang awam sperti saya apa y mas?

  6. Tyo
    21 April 2011 pukul 5:28 pm | #12

    Halo….. ku mau tanya, klo bikin jam digital tanpa pake mikro bisa gak? maksudnya biar bisa portable gt, jadi sumbernya pake baterai, tapi displaynya tetep seven segment….

    • 21 April 2011 pukul 5:32 pm | #13

      Bisa mas, pake batre 5volt jalan lancar..

  7. IIM
    8 Mei 2011 pukul 4:43 am | #14

    mas, ini mah bukan tutorial, ini isinya cuman pamer ama narsis doang, share dong .asm/.hexnya plus rangakainnya, biar saya yang jurusan seni ini, belajar elektro juga :(. IMHO no offen

    PS: kalo masnya mau ngirimin saya rangkaian ama assemblernya saya akan seneng banget, dan tentunya mas, dapet murid satu lagi

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

