Beranda > Tutorial > Kerusakan Pada Charger Laptop / Adaptor Laptop

Kerusakan Pada Charger Laptop / Adaptor Laptop

Memperbaiki Adaptor Laptop yang Rusak

 

Harga baru charger laptop lumayan mahal dan mungkin kamu akan berpikir dua kali untuk membelinya. Dan pastinya kamu akan sedikit menyesal jika adaptor atau keren nya charger laptop kamu rusak, sehingga laptop kamu sama sekali tidak bisa digunakan. Dari pengalaman yang sudah saya alami tentang bagaimana memperbaiki charger laptop, saya akan memberikan beberapa informasi apa saja kerusakan umum yang sering terjadi pada charger atau adaptor laptop kamu sekaligus juga cara merawat adaptor laptop kamu agar lebih awet dan tahan lama.

Kerusakan umum pada charger / adaptor laptop :

  • Kabel charger putus.

Hal ini paling sering terjadi pada semua merk laptop dan apapun tipe nya. Hal ini terjadi karena kesalahan pada saat menggulung kabel. Hindari menggulung kabel secara oval atau lonjong, usahakan menggulung kabel secara melingkar dan jauhi lipatan pada bagian pangkal kabel (dekat charger) karena bagian itu yang sering terjadi kerusakan.

Jika hal tersebut terjadi biasanya laptop tidak akan bisa terisi dengan baik, karena kabel kadang tersambung dan kadang terputus. Hal tersebut masih tidak teralu membahayakan, hanya saja akan mempengaruhi usia laptop. Yang akan lebih parahnya jika kabel yang putus tersebut mengelupas di bagian dalam dan membuat kabel positif dan negatif terhubung secara tidak sengaja. Hal tersebut sangat berbahaya bagi charger laptop kamu, karena jika terjadi hal seperti itu dengan waktu yang lama akan merusak semua komponen yang ada.

  • Dioda short .

Fungsi dari dioda disini adalah sebagai penyearah arus AC yang berasal dari trafo switching menjadi arus DC sehingga dapat diterima oleh laptop kamu. Jika terjadi hubungan arus pendek seperti pada masalah sebelumnyan maka dioda ini bisa saja tidak kuat untuk menahan beban berlebih sehingga putus.

Memperbaiki Adaptor Laptop yang Rusak

 

  • Solderan Retak :

Jika adaptor dalam kondisi panas dan lansung terjatuh maka itu akan memperbesar peluang retaknya solderan pada PCB adaptor kamu. Jika terjadi seperti itu maka adaptor kamu tidak akan dapat berfungsi, karena fungsi dari solderan tersebut adalah sebagai penghubung dari semua kaki kaki komponen yang bersangkutan. Hindari untuk menjatuhkan nya apalagi dalam kondisi panas.

Itu merupakan beberapa masalah yang paling sering terjadi pada charger laptop, jika kamu ingin mengetahui cara memperbaiki adaptor / charger laptop silahkan klik judul dibawah ini.

Konektor Charger Blackberry Rusak

Memperbaiki Adaptor Laptop yang Rusak

 

 

About these ads
  1. 3 Desember 2010 pukul 2:19 pm

    owh, jd dioada charger sy yg rusak krn itu hya.. hmm, baru tau sy, lalu klo kapasitorny pnyebabny apa y?

    • 3 Desember 2010 pukul 5:04 pm

      Kalau kapasitor bisa karena tegangan tidak stabil. bisa merambat ke transistor yang bisa membuat semua bagian rangkaian tidak bekerja :)

  2. 4 Desember 2010 pukul 12:15 am

    wah, tp transistornya blm kenakn? hmm, sy kemarin sempet was2 klo trafo yg rusak hoho.. untung bukan :).
    iya nih, tegangan di sini naik turun, kadang klo nyolok, port vga di laptop nyetrum pas disentuh, parah bgt.. Tp pas pke stabilizer g nyterum lg..

    • 5 Desember 2010 pukul 1:29 am

      ga kena transistor kok.. aman.. cuma dioda yang jebol hehehe. iya yang penting sekarang uda bagus dan bisa dipergunakan lagi :)

  3. 4 Desember 2010 pukul 4:24 pm

    Trim info’y, salam knal

    • 5 Desember 2010 pukul 1:28 am

      yui…salam kenal juga yah :)

  4. 5 Desember 2010 pukul 7:48 pm

    hehe.. iya.. makasi bgt atas bantuannya ;-)

    • 5 Desember 2010 pukul 11:52 pm

      sama sama :) terima kasih juga sudah mempercayakan saya sebagai orang yang memperbaiki nya hehehe :)

  5. 10 Desember 2010 pukul 10:10 pm

    charge saya setelah saya cek ternyata arus g sampe ke trafo. kami cek lagi ternyata transistornya yang rusak, kami cari TR nya gak dapat. aapakah TR nya harus di kanibalkan?? kalo iya mohon bantuannya dikanibalkan dengan TR yang bagaimana??. terima kasih sebelumnya.

  6. pri
    14 Januari 2011 pukul 7:11 pm

    mas saya mo tny
    adapter normalny da bunyiny gx y?
    Alny scr gx sngaja kmrn sya dgr da suara pas d tempel d kuping,sya gx pna mrhatiin biasa gmn
    sya kwatir klo rusak
    tq

    • 14 Januari 2011 pukul 8:03 pm

      normal nya pada saat charger bekerja tidak ada suara (hening) namun jika charger bekerja sangat berat atau mendapat beban berat ototmatis induksi di trafo switching menjadi sedikit terganggu yang mengakibatkan keluarnya suara ditambah dengan panas yang lumayan. tapi itu masih dalam tahap kewajaran kec bersuara sebelum charger dipasangkan ke laptop :)

  7. pri
    15 Januari 2011 pukul 12:01 pm

    klo brsuara sblm d pasang k laptop tndany pa mas?rusak apanya kah?
    Da solusiny gx mas

    • 15 Januari 2011 pukul 5:46 pm

      ada kemungkinan terjadi perubahan nilai.. namun selama tegangan masih normal itu tidak apa apa. asalkan tegangan tidakmelebihi dari batas yang ditentukan :)

  8. pri
    16 Januari 2011 pukul 1:10 pm

    ok d mas thx
    sukses truz buat mas duwi

  9. pri
    16 Januari 2011 pukul 1:12 pm

    ok d mas thx sdh membntu saya
    sukses truz buat mas duwi
    *_*

    • 17 Januari 2011 pukul 7:16 pm

      yui.. sukses bersama :D

  10. hpmini
    14 Maret 2011 pukul 1:47 pm

    mo nanya…. charger saya kadang bisa ng-charge kadang nggak, kalo pas bisa trus 10-20 menit kemudian chargernya mati, setelah itu kudu nunggu bebeapa jam baru mau nge-charge lagi.
    trus maunya nge-charge lewat stabilizer, lewat UPS ato lainnya g bisa…

    kira2 apa kerusakannya y
    terima kasih

    • 14 Maret 2011 pukul 10:38 pm

      wah kalau saya sendiri belum pernah mengalami yang seperti itu. mungkin ada komponen yang short atau nilainya berubah tu. saya pribadi bisa komen kalau sudah di cek :)

    • giensu
      21 Mei 2011 pukul 7:33 pm

      gan..
      charger nya dah bagus blum..?
      soal nya krusakan charger aku sama ni gan.
      info dnk gan.:-)

      • 21 Mei 2011 pukul 9:47 pm

        udah dong gan.. uda puluhan charger nih hohoho :)

  11. welly
    26 Maret 2011 pukul 4:15 am

    mau tanya ne gan, q pnya lepi acer, yg rusak tuch bagian power pcb d laptop. Kejadianny waktu chargerny dcolokin, stelah q bonhkar, kawat tengah yg dlaptop (kaya jarum) tuh lepas,n mngakibatkan konslet pada pcb bagian power(bauny gosong). Q pinjam pny tmnq emg itu yg rusak. Mo nanya nech,berapa harga pcb power yg dlaptop itu n beliny dmana?

    • 3 April 2011 pukul 9:46 am

      bisa diperbaiki mas :) silahkan search di google “neutron service bali”

  12. prof
    31 Maret 2011 pukul 7:35 pm

    bos kalo’ kedua ujungnya mengeluarkan arus positif gimana, trus kemungkinan yang rusak bagian apa, dan itu tidak terjadi konsleting.???

    mohon konfirmasi ke email saya bos

    • 3 April 2011 pukul 9:42 am

      bagaimana mengetahui keduanya mengeluarkan positif? kalau penguji atau pembanding (negatif) tidak ada? kerusakan terjadi pada kabel yang terhubung di dalam selaput

  1. 3 Desember 2010 pukul 1:55 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: